Senin, 16 Januari 2012

Manfaat Lidah Mertua

Di Indonesia, tanaman ini sering disebut Lidah Mertua (Sanseviera). Tanaman ini selain berfungsi menjaadi tanaman hias, tapi juga mempunyai banyak manfaat. Antara lain:


1. Jika Sanseviera ini diletakkan di luar atau didalam rumah, tanaman ini dapat menyerap racun atau debu yang berada di sekitar rumah. Jadi, kita bisa nyaman dan bebas dari segala debu maupun racun.
2. Sanseviera ini dapat menyerap radiasi dari televisi dan komputer. Misalnya televisi. Tanaman ini dapat diletakkan didekat televisi, maka tanaman ini dapat menyerap berbagai radiasi yang dikeluarkan dari televisi.
3. Selain mengisap debu(racun) atau radiasi, tanaman ini dapat digunakan sebagai perawatan kulit yang terkena jerawat, jamur, komedo. Caranya, Sanseviera ditumbuk halus lalu diperas menggunakan kain bersih, kita ambil airnya saja. Bilaslah kulit dengan air hangat (untuk membuka pori-pori kulit) lalu usapkan air Sanseviera. Tunggu kurang lebih 5 menit, lalu bilas. Gunakan secara teratur 9-14hari pada sore hari (setelah beraktivitas).
4. Getah Sanseviera dapat digunakan sebagai antiseptik.
5. Akar Sanseviera dapat digunakan sebagai penyegar rambut atau tonik
6. Daun: a. dibakar: sebagai obat sakit kepala.
              b. direbus: sebagai obat diabetes.

Bila ingin meletakkan di rumah, tak perlu khawatir bila Sanseviera cepat layu. Sanseviera dapat bertahan walaupun mendapat sedikit cahaya matahari maupun air. Tanaman ini selalu mengeluarkan zat O2 dan tidak menghasilkan CO2.
Sekali-sekali, tanaman ini dijemur dan disiram teratur (jangan terlalu sering karena dapat menimbulkan tumbuhnya bakteri pada Sanseviera) agar tanaman tetap segar didalam ruangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar